Sebelumnya kita sudah mempelajari bagaimana membuat Web Server sendiri dengan menggunakan NodeJS saja. Kali ini kita akan mencoba bagaimana membuat Web Server dengan menggunakan ExpressJS salah satu framework yang paling banyak digunakan di NodeJS.

Kenapa sih harus ExpressJS? Kalo menurut saya ExpressJS cepat, minimalis, simpel dan cukup mudah dipelajari. Terus, banyak framework lain juga based on ExpressJS, bahasa gampangnya pondasinya itu ExpressJS.

Membuat Projek

Hal-hal yang dibutuhkan untuk mengikuti tutorial ini adalah node dan npm. Jika kamu masih belum meng-install-nya di lokal kamu. Kamu bisa baca tutorial ini.

Kita akan mulai dengan membuat folder untuk aplikasi kita, lalu mengakses folder-nya dengan menggunakan terminal.

$ mkdir express-app
$ cd express-app

untuk membuat node app, kita akan menggunakan command berikut:

$ npm init

Setelah itu akan muncul beberapa pertanyaan untuk informasi di package.json. Tekan enter saja terus untuk default config.

Setting up Express

Sekarang kita akan meng-install Express. Pergi ke terminal dan masukkan command berikut.

$ npm install express

Ketika sudah selesai, buat file index.js di root folder atau sejajar dengan file package.json. Setelah itu tambahkan syntax berikut di file index.js.

const express = require('express')
const app = express()
const PORT = 3000

app.get('/', (request, response) => {
  response.end('Hello ExpressJS')
})

app.listen(PORT, () => {
  console.log(`App running on http://localhost:${PORT}`)
})

Pertama kita define dulu Express menggunakan require dan membuat Express app dengan memanggil express().

Lalu kita membuat variable PORT dengan value 3000. Dengan men-define sebuah variable agar mudah dibaca maksud dari angka 3000 itu apa. Di bawahnya kita panggil app.get() untuk set default route kita. Di parameter pertama itu path / dan parameter kedua itu function callback dengan parameter request dan response. Tidak terlalu beda dengan hanya menggunakan NodeJS saja. Di dalam function kita panggil response.end untuk menngirimkan response body ke client.

Di bawahnya kita memanggil app.listen() dengan PORT variable dengan function simpel untuk melakukkan log di terminal, tujuannya biar kita tau beneran jalan gak sih aplikasi yang kita buat.

Jika sudah, coba jalankan aplikasi kita dengan menggunakan command di bawah pada terminal, pastikan kamu ada di folder yang benar:

$ node index.js

Result Hasil running

Jika kamu melakukkannya dengan benar, maka akan muncul hasilnya seperti gambar di atas.

Summary || TLDR;

Membuat web app dengan menggunakan framework ExpressJS akan lebih mudah dan lebih cepat. Tapi tetap kita harus kuatkan pondasi basic dulu.

Kenapa sih harus ExpressJS? Kalo menurut saya ExpressJS cepat, minimalis, simpel dan cukup mudah dipelajari. Terus, banyak framework lain juga based on ExpressJS, bahasa gampangnya pondasinya itu ExpressJS.

Credits